Berikut Terobosan Diskominfotik Penuhi Layanan Internet di Dusun Terap

  • Whatsapp
Japrizal, Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik Kabupaten Kepulauan Anambas

Pro Anambas–Keluhan warga Dusun Terap, Desa Tarempa Barat Daya dalam kebutuhan jaringan telpon dan internet hingga saat masih belum terealisasi. Hal ini diungkapkan Salman (56) warga dusun yang hanya berjarak 3 kilometer dari Tarempa, ibu kota Kabupaten Kepulauan Anambas pada Minggu, 18/4/21

Pembangunan tower pembantu yang didirikan Dinas Kominfotik setempat sebagai penguat signal dari BTS milik provider Telkomsel di Arung Hijau ternyata belum maksimal memberikan layanan akses signal di Dusun itu.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), Japrizal, menerangkan geografis dan topografi daerah itu tidak akan maksimal jika hanya mengandalkan tower repeater. Apalagi kata dia, BTS dari Arung Hijau milik Telkomsel itu terlindung dari titik tower penguat.

“Di situ signal bias, sehingga tidak akan maksimal,” sebut dia.

Dikatakannya, keluhan warga Dusun Terap soal signal jauh hari sudah menjadi atensinya. Bahkan untuk mengatasi ini, pihaknya tahun ini akan membangun pusat wifi publik di beberapa lokasi di daerah itu.

” Di sana sudah ada jaringan Indihome. Nanti akan kita manfaatkan untuk akses jaringan internet berupa wifi publik di beberapa lokasi. Tahun ini akan kita kerjakan, sudah ada anggarannya,” terangnya.

Selain itu, Japrizal juga terus berupaya agar warga Dusun Terap dapat menikmati akses jaringan internet 4G melalui tower BTS. Diakuinya, Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tidak diperbolehkan untuk menganggarkan pembangunan tower BTS.

Meskipun tidak dimungkinkan membangun tower BTS lewat APBD, tidak menyurutkan semangat Kadiskominfo itu. Ia pun telah mengajukan permohonan pembangunan tower BTS melalui surat kepada Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) KEMKOMINFO RI. Surat tersebut perihal Program Pembangunan BTS dan Akses Internet di Perbatasan. Surat itu disampaikan pada tanggal 14 Januari 2021 lalu.

Dalam surat itu, Diskominfotik-KKA mengajukan permohonan kepada BAKTI-Kominfo untuk menghadirkan layanan sinyal 4G Telkomsel di lokasi Dusun Terap. Karena di situ telah dibangun Repeater (Penguat Sinyal) tower triangle 40 M oleh Pemerintah Daerah. Akan tetapi, hasilnya tidak maksimal karena tower BTS telkomsel terhalang oleh gunung, bukit dan penyebaran pemukiman yang tidak merata.

*Pro Anambas

Mau Omzet BISNIS Anda Meledak?

Pos terkait

jasa website rumah theme